Berita Tentang Teknologi Di Malaysia

BONCEL.XYZ - Berita Tentang Teknologi Di Malaysia:

Berita Tentang Teknologi Di Malaysia – Mahasiswa mempraktekkan cara instalasi teknologi mobile solar photovoltaic (PV) dan dibantu oleh instruktur dari UTHM. – ANDA

Menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 (IR4.0), paparan dini terhadap sains, teknologi, teknik dan matematika atau pendidikan STEM penting untuk menarik siswa dan kemudian menghasilkan sumber daya manusia yang terampil untuk industri dan teknologi masa depan, yang merupakan inti dari IR4 kami . Pemberdayaan. 0 di negara ini.

Berita Tentang Teknologi Di Malaysia

Berita Tentang Teknologi Di Malaysia

Namun, kurangnya akses dan sumber daya untuk pembelajaran STEM yang mendalam merupakan kendala utama yang sering dihadapi siswa di daerah pedesaan, khususnya di komunitas Pribumi.

Membendung Berita Palsu

“Mata pelajaran seperti STEM membutuhkan banyak imajinasi dan kreativitas. Bagi siswa yang kurang terpapar dunia luar, cukup sulit bagi mereka untuk memahami STEM lebih dalam. Mereka menyerah dan kehilangan minat. Ini yang kami coba hindari.” kata Mohd Nazim Tesnoh, Guru Koordinator STEM SK Seri Sedohok.

Siswa SK Seri Sedohok yang berasal dari tujuh desa adat terdekat, kini mulai merasakan peningkatan minat dan pemahaman terhadap STEM setelah sekolah mereka terpilih mengikuti program Sinar Harapan yang diselenggarakan oleh Touch of Hope yang mendukung Ekonomi Dasar Rakyat (MEKAR). ) di dalam. ) oleh Yayasan Petronas bekerja sama dengan Departemen Pembangunan Adat (JAKOA) dan Yayasan Universiti Tun Hussien Onn Malaysia (UTHM).

Sebagai bagian dari program Sinar Harapan, total lima unit teknologi solar photovoltaic (PV) di SK Seri Sedohok menerima solar PV, sistem hidroponik portabel dan dua set sistem hidroponik di SK Seri Sedohok sebagai sumber pembelajaran praktik STEM. simulasi. , untuk memperkenalkan guru dan siswa pada komponen utama serta penerapan sebenarnya teknologi tenaga surya off-grid menggunakan sistem hidroponik.

Lihat Juga:  Pengaruh Pemilu 2024 Terhadap Ekonomi

“Dengan hadirnya solar PV dan sistem hidroponik ini, para siswa cukup bersemangat karena bisa berinteraksi dengan hal-hal baru, apalagi teknologi surya membantu masukan pupuk ke dalam saluran. Tinggal memantau aliran pupuk dan air sampai musim panen,” tambah koordinator guru.

C. K. Raju

Nabila Sharlini Noorhafizam, siswa kelas 4 KOA Sedohok mengaku sangat senang mendapatkan paparan melalui simulasi teknologi tata surya. “PV portabel membantu saya memahami teknologi surya dan bagaimana energi dihasilkan dari sinar matahari. Ini adalah pertama kalinya saya berpartisipasi dalam aktivitas matahari semacam ini.

Gara Fadhilah, siswa kelas 4 KOA Air Pasir, mengaku bisa belajar lebih banyak tentang mata pelajaran Desain dan Teknologi (RBT) dengan melakukan kegiatan praktik langsung menggunakan mobile PV yang disediakan. “Sebelumnya saya hanya belajar dari buku dan video, namun sekarang saya lebih memahaminya setelah sempat mengalaminya sendiri.”

Selain itu, sistem hidroponik yang diberikan juga membantu mahasiswa untuk mengetahui penerapan teknologi solar PV secara lebih luas, tidak hanya dalam penyediaan listrik ke rumah-rumah saja, namun saat ini sudah dapat diterapkan di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Sumber energi yang lebih ramah lingkungan ini dapat meningkatkan kesadaran akan teknologi energi ramah lingkungan untuk mendukung upaya menuju keadaan netral karbon.

Berita Tentang Teknologi Di Malaysia

Saya rasa itu tidak bisa diterapkan pada sistem hidroponik. Saya tertarik untuk belajar lebih banyak, saya juga bisa membantu perekonomian dan pendapatan warga desa,” kata Khairi Fazly Sari, siswa kelas 5. siswi kelas KOA Berasau.

Kuasailah Teknologi Ini

Sebelumnya, melalui program Sinar Harapan MEKAR Johor @ Kluang, 11 rumah, dua rumah adat dan balai desa di Berasau KOA dilengkapi dengan sistem PV surya untuk membantu meningkatkan taraf hidup dan pertumbuhan ekonomi 70 warga desa dengan menyediakan listrik dari energi. sumber yang berkelanjutan, setelah 20 tahun kegelapan tanpa sumber listrik.

Lihat Juga:  Rekomendasi Laptop Touchscreen Untuk Pelajar

Dalam perkembangan lainnya. Tuan Haji Sanib Hashim, Kepala Sekolah SK Seri Sedohok, menambahkan: “Kami menyambut baik donasi dan kegiatan seperti ini. Siswa tidak hanya dapat belajar tentang STEM, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri dengan menghadapi dan berinteraksi dengan dunia luar. dan menikmati pergi ke sekolah.

“Terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat. Awalnya saya tidak menyangka sekolah kami yang letaknya jauh di pedalaman bisa diberi kesempatan seperti itu. Hal ini diharapkan dapat menular ke sekolah lain, khususnya yang berada di luar kota. Semoga inisiatif seperti ini dapat mendukung upaya negara menjadi negara produsen teknologi di masa depan,” imbuhnya.

Program yang diselenggarakan selama tiga tahun ini juga telah meraih penghargaan emas tingkat nasional dalam National Invention and Innovation Competition (NllCe) 2022 yang baru-baru ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Elektro dan Elektronika, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM).

Keratan Akhbar: Tarik Minat Pelajar Orang Asli Kuasai Stem

Berita tentang teknologi terbaru, jurusan di universitas teknologi malaysia, berita tentang teknologi informasi, jurusan di universiti teknologi malaysia, berita terkini tentang teknologi, berita terbaru tentang dunia teknologi, contoh berita tentang teknologi, berita terbaru tentang teknologi informatika, berita tentang perkembangan teknologi, berita tentang teknologi, berita tentang teknologi komputer, teks berita tentang teknologi

Updated: 8 November 2023 — 19:48

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *